DISPARBUD EKRAF GELAR KURASI KETUK TILU JAIPONGAN

23

Ket. Foto DISPARBUD EKRAF GELAR KURASI KETUK TILU JAIPONGAN

Karawang,suratberita.id – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang bekerja sama Ekraf menggelar KURASI KETUK TILU -JAIPONGAN yang di Aula Universitas Buana Perjuangan Karawang. Minggu, (19/5).

H Jaeni,.S.Pd,.M.Pd,. Kepala Dinas (Plt) Pariwisata & Kebudayaan Kabupaten Karawang, saat menghadiri Kegiatan Kurasi Ketuk Tilu Jaipong mengatakan, “Karawang merupakan tempat tinggalnya para seniman seniwati juga para budayawan di Jawa Barat. Dari tangan – tangan terampil merekalah tidak sedikit para seniman yang mengharumkan nama Kabupaten Karawang dikancah Nasional bahkan Internasional.” Ujarnya.

Kembali disampaikan oleh H Jaeni, untuk menyelami pesona kekayaan seni pertunjukan budaya khas Karawang, menjadi langkah elegan dalam memahat kembali tradisi yang terpatri hingga menjadi sebuah identitas jati diri Kota Karawang.

Bukan hanya itu, H Jaeni juga bersyukur, Kabupaten Karawang saat ini telah diuji petik oleh Kemenparekraf PMK3i dan telah resmi menjadi bagian dari ‘Kata Kreatif’ atau Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia dengan subsektor unggulannya, yaitu Seni Pertunjukannya.

“Insyaa Allah ini adalah jalan panjang menuju Branding, Karawang Creative City. Dalam rangka menguatkan budaya khas ke-Karawangan kami selaku Disparbud mewakili Pemerintah Kabupaten Karawang berkolaborasi dengan berbagai pihak, & nantinya lanjutan dari acara ini akan menggelar “Pesta Kesenian Rakyat”, yang akan dilaksanakan di Desa Wisata Kreatif Karangjaya, Kecamatan Tirtamulya Kabupaten Karawang dari tanggal 29 – 30 Mei 2024 mendatang,” tambah H Jaeni.

“Sebagai bukti nyata kami, mendorong para pelaku industri kreatif di Kabupaten Karawang,” tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Karawang, Rahmat Wiguna menyatakan dalam sambutannya, dengan penuh kebanggaan dalam menyelenggarakan acara Kurasi Ketuk Tilu Jaipong ini, yang bekerjasama dengan Universitas Buana Perjuangan sebagai kolaborator yang memberikan fasilitas Gedung Aulanya sebagai tempat penyelenggaraannya.

Bukan hanya UBP yang memberikan fasilitas tempat dan yang lainnya, Ia juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu atas terselenggaranya acara yang telah mengangkat para seniman Karawang ini, diantaranya ; B-Net, Bank BJB, Sanema Tour, Centro Digital Printing, Lapak Aep, PT Trijaya Teknik, Mercure, Brits Hotel, juga tentunya Diskominfo dan serta para media partner.

Tidak ketinggalan, Luthfi Ansori selaku Deputy Bidang Program & Kerjasama Komite Ekraft & juga sebagai Ketua Pelaksana acara ini, mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur, “Acara ini dibuka secara langsung oleh Kadisparbud Karawang (Plt) H Jaeni,.S.Pd,.M.Pd,. Yang secara keseluruhan jumlah pesertanya sebanyak 95 Orang dari 18 sanggar yang telah terdaftar. Diantaranya Kurasi Jaipong tunggal yang berjumlah 18 Orang & Jaipong Rampak berjumlah 14 Group.” Ucap Luthfi.

Kembali disampaikan oleh Luthfi, untuk mendapatkan hasil yang objektif, Kurasi ini tentunya menghadirkan para Dewan Juri Profesional yang didatangkan dari berbagai Kota/Kabupaten baik dari dalam dan diluar Kabupaten Karawang, diantaranya Setyawati,.S.Sn, dari Kabupaten Subang, Prof,.Dr,.Anggy Giri Prawiyogi,.M.Pd,.M.Sn., dari Purwakarta, dan Siti Hani Rohaeni,.S.Sn., dari Kabupaten Karawang.

“Mudah – mudahan acara ini memberikan dampak positif bagi para pelaku Seni pertunjukan, terutama dengan munculnya generasi baru yang lebih kreatif & innovatif untuk kedepannya,” harap Luthfi.

Tidak lupa, Luthfi juga selaku panitia mengundang seluruh masyarakat Karawang untuk hadir pada tanggal 29 – 30 Mei 2024 mendatang, di acara Seni Pertunjukan Jaipong Ketuk Tilu & Topeng Banget dalam gelaran “Pesta Kesenian Rakyat” di Desa Wisata Kreatif Karangjaya, Kecamatan Tirtamulya, Kabupaten Karawang.

“Berbagai kegiatan menarik tentunya akan kami hadirkan di acara tersebut, sekaligus Launching Desa Kreatif Karangjaya, yang InsyaAllah Akan diresmikan langsung oleh Bupati Karawang, Bapak H Aep Syaepuloh,.S.E,.” tutupnya. (sc/red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here