KARAWANG TUAN RUMAH CAP GO MEH 2024 SE-JAWA BARAT

233

Ket. Foto Perayaan Cap Go Meh 2024 di Karawang

Karawang,suratberita.id – Kabupaten Karawang resmi menjadi tuan rumah perayaan cap go meh 2024 se-Jawa Barat yang berpusat di Vihara Dharma Prasada Mahametta / Klenteng Bio Kwan Tee Koen jalan Ir. H. Juanda No 1A Kelurahan Nagasari Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang, Minggu, (25/2).

Perayaan Cap Go Meh 2024 sekaligus kirab budaya dan ruwat bumi ini melibatkan partisipasi dari berbagai klenteng di seantero Jabar, Banten dan sekitarnya.

Keputusannya ini diambil dalam upaya untuk mempererat tali persaudaraan sesama klenteng dan mempromosikan keragaman budaya Tionghoa di wilayah tersebut.

Acara ini diprakarsai oleh Yayasan Vihara Dharmaprasada Mahametta yang merupakan naungan dari Bio Kwan Tee Koen dan Bio Tjou Soe Kong akan dijadwalkan berlangsg perayaan pada tgl 25 Februari 2024 dengan rangkai kegiatan menarik. Selain Parade pawai budaya ada juga pertunjukkan seni Liong.

Foto Persiapan untuk parade pawai budaya serta pertunjukkan seni Liong

Dalam pelaksanaannya kali ini, Cap Go Meh akan dibuka oleh Plt. Bupati Karawang Aep Saepulloh yang didampingi oleh unsur Muspida, Minggu (25/2). ribuan peserta akan mengikuti Kirab mulai berjalan dari Vihara Dharma Prasada dan melakukan pawai melewati Jalan Tuparev, kertabumi, AR.Hakim, hingga kembali lagi ke Jalan Tuparev.

Kendati acara ini merupakan warisan dari bangsa Tionghoa, akan tetapi antusias masyarakat sekitar juga tidak kalah seru. Beberapa peserta pawai pun mencoba mengkolaborasikan ornamen tradisional seperti angklung, gamelan, dan lain sebagainya.

Peserta Kirab Cap Go Meh kali ini tidak hanya berasal dari Karawang, beberapa dari mereka ada yang berasal dari luar kota seperti, Bekasi, hingga Jakarta serta kota lainnya khususnya Jawa Barat serta luar kota lainnya.

Perlu diketahui, perayaan “Cap Go Meh” merupakan perayaan yang diadakan pada purnama pertama di bulan pertama. Menurut tanggalan Tionghoa hari ke 15 setelah tahun baru Lunar. Cap Go Meh sendiri mengandung arti “ Cap Go, adalah lima belas sedang Meh adalah malam”. Cap Go Meh juga merupakan hari terakhir dari rangkaian masa perayaan Imlek.

Halnya Hari ke-15 dalam Tahun Baru Cina atau yang lebih dikenal sebagai “Cap Go Meh” telah berlangsung di seluruh penjuru negeri terutama di daerah yang memiliki banyak populasi Etnis Tionghoa seperti di Kalimantan Barat, Bangka-Belitung, Palembang, Pecinan Semarang, Surabaya, Jakarta, Bandung, Manado dan Medan.

Di Karawang sendiri, Cap Go Meh, telah dirayakan dalam sebuah festival semarak nan megah. Ada beberapa perayaan atau lebih dikenal dengan festival tradisional yang dilakukan oleh masyarakat Tionghoa. Perayaan tersebut telah ada sekitar 5000 tahun yang lalu. yang kegiatannya diangkat baik dari kehidupan sehari-hari ataupun dari cerita rakyat yang di tulis dari generasi ke generasi.

Alasan utama mengapa perayaan masyarakat Tionghoa menjadi tradisi, itu karena kebudayaan tersebut berkembang dari acara rakyat. misalnya beberapa perayaan diadakan untuk acara pertanian yang menginginkan tujuan tertentu.

Foto SELAMAT HARI CAP GO MEH 2024

Selamat Hari CAP GO MEH 2024
Semoga kebahagiaan dan kesuksesan senantiasa menyertai langkah-langkahmu, semua doa dan harapan terwujud, penuh berkah untukmu dan keluargamu dan semoga segala keinginan tercapai, penuh cinta dan harapan untuk Tahun Baru Imlek 2575.

Sincia! Pertumbuhan kehidupan semakin dekat, semoga kamu sukses ya! Yuan xiao jie kuai le! (Meylie/red.)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here