Pemanfaatan AI Sebagai Teman Belajar Mahasiswa

1030

Ket. Foto Eha Zulaiha
Mahasiswi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jurusan: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Jakarta,suratberita.id – AI (Artifical Intelligence) merupakan kemampuan buatan manusia yang digunakan untuk membantu dan memudahkan pekerjaan yang di lakukan oleh manusia di dalam sebuah komputer yang umumnya dapat di gunakan sebagai salah satu media pembelajaran.

Saat ini AI telah banyak di gunakan di berbagai aplikasi seperti salah satunya yaitu asisten virtual, contohnya yaitu google assistant, cortona dan siri yang digunakan dalam mempermudah menyelesaikan tugas.

AI dapat di gunakan oleh mahasiswa untuk mempermudah kegiatan pembelajaran akademik. Selain itu juga penggunaan AI juga dapat membantu mahasiswa dalam mengontrol dan memantau pembelajaran.
Adapun beberapa jenis AI yang dapat di gunakan sebagai teman belajar mahasiswa diantaranya :

ChatGPT ChatGPT merupakan salah satu jenis AI yang dapat digunakan oleh mahasiswa. ChatGPT mampu memberikan jawaaban beserta penjelasan terhadap kebutuhan penggunanya. ChatGPT juga mampu melakukan interaksi percakapan dengan penggunanya melalui percakapan teks.

Grammarly Merupakan AI yang membantu mahasiswa dalam mengoreksi kesalahan ejaan,tata bahasa,kejelasan, gaya bahasa dan lain sebagainya.Selain itu, Grammarly membantu menulis dengan percaya diri tanpa harus takut menulis dengan salah dalam membuat artikel,jurnal,makalah, dan lain sebagainya.Dan juga dapat mendekteksi plagiarisme.

Scite.ai Scite.ai merupakan pembelajaran yang memberikan informasi seberapa sering peneliti menguntip artikel dan bagaimana menguntipnya. Scite.ai juga memudahkan mahasiswa dalam mencari sumber di berbagai refresensi dan menemukan bukti yang akurat.

Stepwise Math Stepwise Math sangat membantu mahasiswa jika kesulitan mengalami dalam mengerjakan matematika. Stewise Math mampu menangani masalah secara sederhana maupun kompleks seperti masalah invers,persamaan kuadrat,kalkulus,dan lain sebagainya.

SlideAi.io AI ini sangat memudahkan mahasiswa dalam membantu membuat presentasi yang di berikan oleh dosen dengan cepat melalui power poin. Cara menggunakannya pun sangat mudah hanya perlu mengakses SlideAi.io,lalu selanjutnya menuliskan poin-poin utama yang akan di jadikan bahan presentasi, dan yang tearkhir mengedit agar presentasin terlihat menarik dan professional.

AI digunakan dalam berbagai bidang seperti otomatisasi industri,kendaraan otonom,pengolahan bahasa alami, pengembangan obat, keuangan, dan banyak lagi. Dalam lingkungan Pendidikan, AI berperan dalam banyak aspek dan diyakini dapat membantu untuk belajar lebih baik dan mencapai tujuan pendidikan lebih efektif.

Dibidang terutama di tingkat perguruan tinggi,kehadiran AI ditengah-tengah mahasiswa tentunya sangat membantu dalam proses pembelajaran akademik yang dilakukan oleh mahasiswa di bangku perkuliahan. Tidak hanya itu,penggunaan AI dapat membantu mahasiswa dalam mengontrol dan memantau pembelajaran mereka sendiri.memungkinkan mereka hidup dan bekerja dengan mandiri serta hidup lebih baik di masa depan. Selain itu kecerdasan artifisial di masa depan akan mengarah ke precision learning. Nantinya pembelajaran tidak hanya memperhitungkan aspek kognitif ,afektif,dan psikomorik.

Di era digital saat ini telah banyak mahasiswa yang menggunakan AI sebagai teman untuk belajar karena di anggap paling efektif dalam memudahkan dan membantu mahasiswa dalam membantu menyelesaikan tugas yang di berikan oleh dosen. Tidak hanya itu AI juga dapat di jadikan sebagai asisten pribadi yang dapat membantu mengatur dan mengingatkan tugas. Kita hanya perlu membuka website yang dibutuhkan dalam mengerjakan tugas, menuliskan kata kunci ,dan AI akan memberikan jawaban yang di butuhkan.

Salah satu contoh kampus yang menggunakan AI yaitu Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) merupakan salah satu universitas yang pertama kali menerapkan AI dalam proses pembelajarannya dan yang kelima di dunia di atas Oxford University. Jenis AI yang digunakannya yaitu Artificial Intellegence Digital Simulator Teaching System (AI DSLTS).

Dalam kegiatan pembelajaran yang di lakukan,UICI mengambil skema pembelajaran digital penuh. Mahasiswa di bekali kemampuan digital leadership yang di mulai dari hal yang paling mendasar.

Mahasiswa juga dibekali pengetahuan tentang digital literacy hingga digital talenta sampai pada tahun terakhir yaitu semester tujuh dan pada semester delapan mahasiswa akan terjunkan ke tengah masyarakat untuk melihat digital leadership dan digital talenta yang telah dipelajari dan di terapakan dalam kehidupan sehari-hari.

Dampak positif AI sebagai media belajar antara lain:

Pertama yaitu meningkatkan efisiensi dan produktivitas,dalam ,mengerjakan sebuah tugas atau pekerjaan efisiensi sangatlah di butuhkan karena dapat menghemat waktu, biaya ,dan tenaga, dan sumber lainnya. Efisiensi juga dapat meningkatkan produktivitas dan dapat menyelesaikan tugas dengan cepat.

Kedua yaitu dapat membantu dalam mengevaluasi dan menganalisis tugas seperti makalah,essai,artikel,dan lain sebagainya,membantu dan meningkatkan kualitas dalam menulis.

Ketiga yaitu dapat membantu mahasiswa dalam menemukan materi yang relavan sesuai dengan tugas yang di berikan dosen,AI juda dapat memahami kebutuhan mahasiswa dan merekomendasikan website yang sesuai untuk menyelesaikan tugas.

Keempat yaitu AI akan sebagai arah masa depan pendidikan karena penerapan pembelajaran seumur hidup atau lifelong learning.Teknologi yang terus berkembang akan mempengaruhi evolusi sistem pendidikan.

Dampak negatif AI sebagai media belajar diantaranya:

Pertama yaitu ketidakmampuan dalam membedakan informasi.Teknologi AI dapat memberikan informasi yang berlebihan, membuat mahasiswa sulit membedakan mana yang benar-benar informasi atau mana yang tidak benar.Ini dapat mengarahkan kepada pengambilan keputusan tugas dan juga ketidak mampuan dalam menyelesaikan masalah secara efektif.

Kedua yaitu ketidakadilan.AI dapat menyebabkan ketidakadilan dalam penilaian tugas,jika logaritma tidak di perbaharui maka akan menyebabkan kesalahan dalam penilain.

Ketiga yaitu dapat membuat mahasiswa ketergantungan dalam menggunakan AI,mahasiswa akan lebih mengandalkan teknologi AI dalam menyelesaikan tugas yang di berikan oleh dosen. Ketergantungan ini membuat mahasiswa menjadi tidak efektif dalam mengerjakan tugas yang diberikan dosen.

Keemapat yaitu penyalahgunaan AI,plagiarisme dapat membunuh nalar kritis yang kemudian bisa melemahkan potensi mahasiswa dalam proses akademik. Sehingga manusia lebih mengandalkan AI dibandingkan kemampuan berfikir.

Kelima yaitu masalah privasi, AI dapat mengumpulkan pribadi mahasiswa yang di dapatkan ketika mengisi biodata pribadi secara online,dan masalah pribadi muncul ketika data pribadi yang di gunakan untuk tujuan yang tidak di terima atau tidak etis. Dalam hal ini mahasiswa harus berhati-hati dalam mengisi data pribadi.

Menjadikan AI sebagai teman belajar dalam melakukan proses pembelajaran akademik di nilai efektif karena membantu tugas secara efesien dan produktif. Mahasiswa juga dengan mudah menggunakan website yang akan di pakai dalam proses pembelajaran. Selain itu juga AI dapat dijadikan sebagai asisten pribadi dalam membantu mengantur dan mengingatkan tugas. AI juga dapat di gunakan dalam berbagai bidang seperti otomatitasi industri kendaraan,otonom pengolahan bahan limbah alami,pengembagan obat,dan masih banyak lagi.

Peran teknologi AI memang sangat bermanfaat apalagi di zaman yang sudah modern seperti sekarang AI ternyata dapat mempengaruhi esensi yang di lakukan oleh manusia,AI memang dapat menyelesaikan pekerjaan manusia lebih efisien dan produktif ,tetapi kita juga harus menghargai kemampuan akal manusia yang tidak akan pernah tergantikan seperti pengambilan keputusan,kemampuan berfikir kritis dan logis,rasa empati dan hal-hal yang dapat dilakukan oleh manusia.

Menggunakan AI juga harus memperhatikan sisi positif dan sisi negatif,karena AI merupakan kecerdasan buatan manusia yang belum terjamin keakuratannya. Oleh karena itu kita tidak boleh terlalu mengandalkan AI dalam segala aspek kehidupan,tetap harus menggunakan akal dalam segala hal. (Koresponden : Eha Zulaiha Mahasiswi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah NIM:11230150000091 Jurusan: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Email: xyzulaiha@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here