Pucak Nadran Laut 2023 KPPL Samudra Mulya Wahhh..!

1201

Ket : Pucak Nadran Laut 2023 KPPL Samudra Mulya Wahhh..!

Karawang,suratberita.id – Nadran Laut 2023 KPPL Samudra Mulya Desa Ciparagejaya Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang dihadiri jajaran pejabat serta Lapisan kalangan warga kota Pangkalperjuangan, Minggu pagi (24/9).

Menurut Kabun, ketua KPPL Samudra Mulya sekaligus Kepala Desa Ciparagejaya, ungkapkan tujuannya ingin melestarikan budaya leluhur yang sudah turun temurun, “merupakan ungkapan rasa syukur atas sudah diberikan kesehatan buat seluruh nelayan serta hasil yang melimpah oleh-Nya” ucap Kabun diacara tengah berlangsung, pada media ini (24/9).

Lanjutnya, untuk Nadran Laut 2023 ini memang setiap nelayan punya agenda tahunan, yaitu pesta laut atau Nadran Laut yang memang hal seperti ini jangan sampai hilang, “tetap harus bisa dilestarikan karena sayang juga inikan suatu budaya yang memang budaya ini sudah ada dari sejak dulu” tegasnya.

Ditempat sama, Kapolsek Tempuran AKP. Rigel Suhakso, SH., dalam penuturannya mengatakan, tradisi setahun sekali ini perlu dilakukan pelestarian secara bersama dengan semangat gotong-royong masyarakat supaya tidak punah, “Alhamdulillah, rangkaian acara demi acara sampai di acara puncak berjalan lancar aman dan kondusif” ungkapnya.

“ucapan terima kasih atas nama Kapolsek mengucapkan kepada anggota Polsek dan TNI yang selalu sinergi mengamankan berlangsungnya rangkaian acara sampai puncak acara pesta laut atau Nadran” imbuhnya menegaskan.

Hadir Langsung diacar tersebut,
1.Bupati Karawang yang diwakili Setda.
2. Kapolres Karawang 3. Dandim 0604 Karawang 4. Ketua DPRD Kab. Karawang 5. Kajari Karawang yang diwakili oleh kasi 6. Kepala Dinas Kelautan dan perikanan Kab. Karawang 7. PJU Polres Karawang 8. Kasatpol Airud Polres Karawang 9. Camat Tempuran10. Kapolsek Tempuran 11. Danramil Rawamerta 12. Kepala Desa Ciparagejaya sekaligus Ketua KPPL Samudra Mulya Ciparagejaya 13. Para pengurus KPPL Samudra Mulya Desa Ciparagejaya beserta tamu undangan dan segenap hadirin lapisan Khalayak masyarakat lainnya.

Pantauan langsung awak media ini dilokasi Nadran, Indonesia kaya akan keanekaragaman tradisi dan budaya, salah satunya Pesta Laut Nadran atau Sedekah Laut, Nadran adalah upacara adat para nelayan pesisir pantai utara Jawa, termasuk Ciparagejaya Kecamatan Tempuran kabupaten Karawang sebagai wujud rasa syukur atas rezeki hasil tangkapan laut, dalam Pesta Laut Nadran tampak puluhan kapal nelayan dan ratusan masyarakat berkumpul dan bersiap di TPI Desa Ciparagejaya, aneka ragam ornamen menambah estetika kapal mulai dari bendera merah putih, bendera komunitas, hingga bendera kelir biru putih, masyarakat bersama Nelayan itu pun menyiapkan sesaji sedekah laut seperti buah, sayur, , kepala kerbau diikat di sebuah kapal, tak lama berselang, seluruh kapal menyusuri Laut Ciparagejaya. Kapal berisi sesajen itu kemudian dilarungkan ke laut oleh masyarakat. (AZ Yusuf/H.Angga/tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here