Desa Tegalurung Laksanakan Program Semaksimal Mungkin

2326

Ket. Foto Toto Nur Anwari Kepala Desa Tegallurung Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang

Karawang,suratberita.id – Menindaklanjuti Program Pemerintah Pusat, Pemerintah Desa Tegalurung Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang melaksanakan kegiatan Ketahanan Pangan Hewani bersumber dari Dana Desa Tahun 2023, baru-baru ini.

Menurut Kepala Desa Tegalurung merupakan desa terbaik tingkat 3 di Kabupaten Karawang dan juga digandeng – gandengkan sebagai kandidat desa terbaik Provinsi Jawa Barat Toto Nur Anwari, bahwa adapun kegiatan dari program tersebut meliputi bidang peternakan yaitu berupa kambing dan itik. 

“dalam hal ini Pemerintah Desa Tegalurung membentuk kelompok  untuk melaksanakan kegiatan ini, adapun kelompok berasal dari Dusun yang ada di Desa Tegalurung” ungkap Kuwu Toto dikeberadaannya pada media ini, (21/4).

Lanjutnya, Pemerintah Desa Tegalurung  menekankan bahwa kegiatan ini bukan bantuan sosial, melainkan ini adalah bentuk penyertaan modal dalam hal ini dijelaskan Pihak Pertama dan Pihak Kedua sepakat untuk mengadakan perjanjian kerja sama dalam hal pemeliharaan kambing dan itik Kelompok tersebut.

“Alhamdulillah, dengan alhasilnya Kambing tadinya 29 ekor sekarang sudah berkembang biak mejadi sekitar 60 ekor, adapun mengenai itik, mengingat Teknik, Bimbingan, Petunjuk dan Saran pihak pemdes akan selalu memberikan bimbingan dan petunjuk serta saran yang bersifat teknis selama diperlukan atau jika dipandang perlu oleh pihak pemdes mengenai pemeliharaan yang dilaksanakan kelompok ternak tersebut” papar Toto panjang lebar.

Khusus mengenai pemeliharaan itik pihak Pemdes Tegalurung  telah menggandeng orang paham/ahlinya di bidang ini, mengingat ada waktu-waktu tertentu, faktor alam dan cuaca dapat mempengaruhi akan kelangsungan pemeliharaan itik tersebut.

“saat ini sudah dipesankan 2000 ekor itik, dan benar-benar sudah diperhitungkan semuanya dari mulai berapa lama diberi pakan sampai dapat digiring turun ke sawah sudah dipanen” tandas Kuwu Toto.

Disinggung adanya dugaan isu keji kabar miring mengenai perihal program tersebut dimungkinkan mengarah pada pihaknya, “pokoknya kita pasti tindaklanjuti habis lebaran sesuai aturan hukum berlaku, semoga dapat ril cara prosesnya” tegas Kuwu Toto. (basit/tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here