DESA LEMAHABANG GELAR BABARITAN

1343

Ket. Foto WARGA DESA LEMAHABANG GELAR TRADISI BABARITAN

Karawang,suratberita.id – Warga gelar tradisi Babaritan di Dusun Sindangkarya RT. 27/08 Desa Lemahabang Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang, Kamis (18/1).

Menurut, Kepala Desa Lemahabang Didin Alayudin, Warga Kampung Sindangkarya Desa Lemahabang Kecamatan Lemahabang menggelar acara tradisi Babaritan, hiburan Wayang golek dalang Dede Koswara Hudaya di Dusun Sindangkarya Rt27/08 Desa Lemahabang Kecamatan Lemahabang.

Foto Didin Al Ayudin Kepala Desa Lemahabang

“hajat bumi sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, atas hasil panen yang melimpah, kesehatan serta rezeki semoga menjadi berkah, sehingga kita dapat mensyukuri nikmat yang telah Allah Swt, berikan kepada kita dan warga Sindangkarya secara gotong-royong masing – masing membawa rupa-rupa masakan untuk dimakan bersama” ungkap Didin dalam sambutannya (18/1).

Lanjutnya, sebagai Kepala Desa Lemahabang sangat mengapresiasi warga Sindangkarya khususnya umumnya warga desa lemahabang sekaligus mengucapkan banyak terimakasih atas kekompakannya sehingga terselenggara hajatan bumi ini,

“Tak lupa kepada panita tak dapat disebut semuanya, saya sangat mengapresiasi atas kinerjanya, wayang golek digelar sekaligus sebagai upaya melestarikan seni tradisi lokal dan sekaligus mengedukasi tentang pendidikan budi pekerti serta kepribadian yang selama ini menghilang dari mata pelajaran sekolah, dengan tradisi babaritan/hajat bumi ini banyak hikmah yang kita dapatkan, terutama kita dapat bertahan dengan datangnya budaya dari luar yang bisa saja menggeser adat istiadat dan kebudayaan dari bumi kita, untuk itu gelaran wayang golek tidak hanya sebagai tontonan tetapi tuntunan budi pekerti dan kepribadian sebagai bangsa” tandasnya. (uyanr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here