Di Duga Proyek Pengerjaan RJIT Di Desa Kertamukti Tidak Sesuai Spesifikasi

195

Ket Foto Proyek Pengerjaan RJIT Di Desa Kertamukti

Karawang.suratberita.id – Proyek pengerjaaan yang asal-asalan masih menjadi hal yang menggiurkan bagi segelintir oknum kuasa pengguna anggaran (KPA). Pembangunan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier yang berlokasi di Dusun Cilebar Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang kuat dugaan fisiknya tidak sesuai spesivikasi, pasalnya, dalam pelaksanaan di lokasi tidak dipasang papan nama kegiatan, di duga ada unsur kesengajaan yang di lakukan oleh pengurus kelompok untuk mengelabui masyarakat, demi meraup keuntungan yang lebih besar.

Hasil pantauan media Surat berita di lokasi tempat kerja. Rabu, 1/6/2022 menunjukkan proyek peningkatan rehabilitasi jaringan irigasi tersier yang dikerjakan oleh kelompok secara swakelola kini, tanpa memperdulikan kwalitas dan pemasangan papan kegiatan proyek. Bagai mana tidak, proyek tersebut diduga dikerjakan “asal jadi” tanpa memperdulikan standar mutu dan ketahanan kwalitas proyek. Berapa panjang, tinggi, lebar pondasi, dari sumber dari mana bantuan program tersebut, berapa besar nilai anggaran.

Salah satu pekerja berinisial (W) saat dikonfirmasi Surat berita, terkait volume panjang, tinggi dan lebar pondasi proyek mengatakan, panjang untuk progran RJIT yang sekarang ia kerjakan, 170 meter kanan/ kiri, tinggi 80 cm dan pondasi 40 cm. Namun setelah di kroscek tim dari media terbukti untuk volume lebar pondasi kurang dari 40 cm berfareasi, kurang lebih 30 cm. Parahnya lagi pemasangan batu belah untuk pondasi hanya sebatas ditancap tancap diatas lumpur yang tidak pakai adukan pasir dan semen terlebih dulu, apakah memang teknisnya seperti itu, Kalau memang tidak sesuai juklak, secara spesifikasi proyek tersebut sudah mengurangi mutu dari kwalitas bangunan.

Saat Media Surat berita berupaya konfirmasi ketua kelompok bernama H.Wasim baik melalui telepon celuler maupun dilokasi, dia selalu tidak koperatif dan susah ditemui.

Dimohon pihak Kementerian Pertanian dan Dinas terkait untuk segera kroscek dan evaluasi fisik pembangunan RJIT yang ada Dusun Cilebar Desa Kertamukti Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang. (Hadi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here