INPERA PERINGATI HUT PERTAMA GELAR SEMINAR KEJURNALISTIKAN

2007

Ket : INPERA PERINGATI HUT PERTAMA GELAR SEMINAR KEJURNALISTIKAN.

Karawang,suratberita.id – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Insan Pers Nusantara (INPERA) peringati Hari Ulang Tahun (HUT) pertama gelar acara seminar ke Jurnalistikan di Aula Husni Hamid Komplek Pemerintah Kabupaten Karawang, di ikuti ratusan wartawan dari berbagai media berlangsung aman dengan tetap menggunakan Protokol Kesehatan (Protokes), Jumat sore (28/1).

Seminar Jurnalis dibuka oleh Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana diwakili oleh Asisten Daerah II Bidang Pembangunan, H. Ahmad Hidayat, mengajak para jurnalis untuk saling bersinergi dengan pemerintah, sehingga dalam penyajian pemberitaan bisa berimbang, “saya mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Inpera ke-1 semoga sukses selalu” ucapnya, bacakan sambutan Bupati Karawang.

Ketum DPP Inpera pada kesempatan tersebut mengungkapkan, bahwa Seminar Jurnalis ini dalam rangka hari jadi Inpera ke-1 dan memeriahkan Hari Pers Nasional pada 9 Februari 2022, Seminar ini adalah puncak acara HUT Inpera pertama sebelumnya telah mengadakan syukuran HUT dilanjutkan denganlaunching website faktanusantara.id, bhakti sosial, “semoga seminar ini bisa menambah wawasan dan bekal rekan-rekan jurnalis dalam menjalankan profesinya” papar Heri Widodo, (28/1).

Seminar kejurnalistikan mengambil tema, Peran Media di Massa Pandemi Menuju Era Digitalisasi Yang Profesional dan Proporsional, dengan narasumber Asep Agustian, SH. MH, Ketua Peradi Kabupaten Karawang, dan AS. Maruli Sitorus, S.Pd, Alumni SJI Lulusan Angkatan I Provinsi Jawa Barat sekaligus Wakil Ketua PWI Kabupaten Subang, dengan dipandu oleh Moderator.

AS. Maruli Sitorus, S.Pd, dalam pemaparannya, dimassa pandemi yang berkepanjangan tentunya sangat berdampak kepada profesi jurnalis, semua pasti merasakan, “tapi kita sebagai jurnalis tidak boleh patah semangat, harus mampu beradaptasi dalam situasi apapun tanpa keluar dari aturan dan kode etik wartawan” tegasnya.

“Selanjutnya profesional dan proporsional kita yang berprofesi sebagai jurnalis harus bisa memisahkan yang mana profesional dan yang mana proporsional itu juga penting buat para jurnalis dalam melaksanakan tugas profesi wartawan” imbuhnya, panjang lebar.

Acara seminar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dari audien para jurnalis yang mempertanyakan seputar kejurnalisan dan keberadaan organisasi, dasar-dasar hukumnya serta peran media di massa pandemi menuju era digitalisasi, semua dijawab secara bergantian narasumber Maruli Sitorus dan Asep Agustian.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Indormasi, Wahidin, SE, M.Si, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Wawan Setiawan diwakili Sekdin, Ketua Umum INPERA, Heri Widodo dan jajaran pengurus, Ketua Umum FORWABI, Arif, SH, para ketua organisasi profesi kewartawanan di Kabupaten Karawang lainnya diantaranya: SMSI, AJIB, IWO, MOI, IJP, WAG RAMPAK, IJTI dan juga para Jurnalis dari Karawang, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi,

Adapun pelaksanaan kegiatan Seminar kejurnalistikan berjalan aman serta lancar dengan tetap menggunakan Protokol Kesehatan (Protokes) guna pencegahan covid 19 yang belum berakhir. (tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here