REPDEM KARAWANG USAI MISI KEMANUSIAN SEMERU LUMAJANG KEMBALI TIBA DIKOTA PANGKALPERJUANGAN

469

Ket : Photo sambut kepulangan Relawan Perjuangan Demokrasi di Kantor DPC PDI Perjuangan Karawang.

Karawang,suratberita.id – Kepulangan Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) dari sayap PDI Perjuangan Karawang dalam Misi Kemanusiaan Semeru – Lumajang, sebanyak 8 orang pada sekitar pukul : 16.30 WIB. telah tiba kembali dikota Pangkalperjuangan, Selasa, (14/12).

Para relawan kembali ke Karawang usai menunaikan misi kemanusiaan selama lebih dari satu minggu di kabupaten Lumajang, Jawa Timur untuk memberikan donasi dan membantu warga yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru.

Kepulangan mereka disambut oleh Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Karawang Deden Sopian dan Chattaman Kepala Sekretariat DPC PDI Perjuangan Karawang serta rekan-rekan Repdem Karawang juga Rekan-rekan dari Serikat Tani Karawang (SETAKAR) di DPC PDI Perjuangan jl.Ranggagede Kelurahan Tanjungpura Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang.

Tim Relawan Perjuangan Demokrasi Karawang berangkat ke Lumajang, Jawa Timur pada hari Rabu 8 Desember 2021 silam, dilepas langsung oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Karawang Kang Pipik Taufik Ismail , S.Sos. yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Karawang.

Berikut adalah nama-nama 8 relawan yang pulang pada hari ini:

1. Novi Nur Agustianti , M.Pd. (Ketua Tim)
2. Buddy Hermawan
3. Dicky Yusup
4. Tubagus Suhaeli Enoch
5. Asep Wahyudi
6. Endang Rekartina
7. Meylie Anastasia
8. Agus Sanusi (DPN REPDEM)

“bantuan pemulihan pasca bencana terus dilakukan oleh Relawan Perjuangan Demokrasi Misi Kemanusiaan Semeru bersama Repdem Lumajang, Repdem Bali serta Baguna PDI Perjuangan Jawa Timur dan pihak-pihak terkait lainnya, kepada warga terdampak bencana erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur” cerita Agus Sanusi yang Biasa disebut Bang Agus Protokoler DPN Repdem yang ikut dalam Misi Kemanusiaan Semeru.

“hal ini dilakukan dengan memberikan langsung bantuan berupa obat-obatan, makanan siap santap, masker, hingga survival kit ke warga pengungsian yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru di sekitar lokasi bencana” tambah Bang Agus.

Sebelumnya diketahui, Gunung Semeru dilaporkan erupsi Sabtu (4/12/2021). Menurut laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), setidaknya 2.004 jiwa harus mengungsi, karena erupsi disertai guguran awan panas.

Warga terdampak bisa bermukim sementara di posko-posko pengungsian yang sudah disediakan, diantaranya Posko pengungsian Desa Jarit, Kecamatan Candipuro, Jawa Timur.

Dalam kesempatan yang sama, Novi Nur Agustianti, M.Pd. Ketua Tim Relawan Perjuangan Demokrasi menceritakan turut merasakan trauma dialami warga, khususnya anak-anak “alhamdulillah, mereka sudah mulai tersenyum, syukurlah. Tetapi bukan hal mudah untuk menghapus trauma mereka, maka dari itu, kami melakukan Trauma Healing kepada anak-anak korban bencana erupsi Gunung Semeru untuk memberikan semangat dan tetap tegar menjalani kehidupan” ungkap Novi.

Di samping itu, Relawan Perjuangan Demokrasi terus menyalurkan bantuan kebutuhan warga secara bertahap. Penyaluran bantuan dikomunikasikan Relawan Perjuangan Demokrasi bersama dengan pihak-pihak terkait di lokasi, antara lain DPC Repdem Lumajang, Baguna PDI P Jawa Timur, Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur dan relawan lokal.

“Koordinasi bersama pihak-pihak terkait terus kami tingkatkan, harapannya kesehatan warga sekitar bisa tetap fit. Penyaluran bantuan masker juga kami tambah sebagai upaya penerapan protokol kesehatan. Serta Bagaimanapun, saat ini kita masih berada dalam situasi pandemi,” tutup Cong Khobir Ketua DPC Repdem Lumajang saat di lokasi pengungsian kepada awak media suratberita.id sebelum perjalanan pulang ke Karawang. (tim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here