UJANG MUKHTAR SIAPKAN PENERUS DALANG SUDAH MATANG

472

Ket : UJANG MUKHTAR SIAPKAN PENERUS DALANG SUDAH MATANG.

Karawang,suratberita.id – Ujang Mukhtar, dalang wayang golek asal Dusun Salem Desa Pasirkamuning Kecamatan Talagasari Kabupaten Karawang, sudah berumur sering sakit-sakitan sehingga kegiatan manggungnya pun berkurang, demi melanjutkan profesi sebagai seniman sudah menyiapkan penerus dinilainya sudah cukup matang tampil menghibur khalayak pencinta seni wayang golek tersebut, Selasa sore (30/11).

Awak media suratberita.id, sempat menyambangi padepokan dimana Abah Ujang mendidik anaknya, waktu itu dimana terlihat langsung dalang Andika sedang latihan pentas wayang golek, Ki Dalang Ujang Muktar, berpesan kepada urang Sunda agar tidak melupakan seni budaya sendiri, “Seni wayang golek adalah warisan dari leluhur kita yang harus dijaga, dipelihara dan dilestarikan karena didalamnya memuat nilai-nilai kehidupan yang tinggi” ungkapnya. (30/11).

Menurutnya, memelihara seni budaya sendiri sudah menjadi kewajiban bagi setiap bangsa, “agar bangsa ini tetap memiliki identitas yang mandiri” ujarnya.

Dalang Ujang Muktar, dengan sebutan Abah Ujang, dalang wayang golek asal Dusun Salem Desa Pasirkamuning, sudah sangat dikenal masyarakat karawang bahkan setatar Sunda, sekarang sudah berumur, dan sering sakit-sakitan sehingga kegiatan manggungnya pun berkurang, untuk melanjutkan profesinya sebagai seniman dalang wayang golek, Abah Ujang sudah menyiapkan penerusnya yaitu Dalang Andika Melasraya Muktar, yang tak lain ialah anaknya sendiri, “Kini Ki Dalang Andika Melasraya sudah cukup matang untuk tampil menghibur warga yang selalu merindukan seni wayang golek” tandasnya. (Dasu/basit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here