Pelatihan Nayaga Asli Karawang untuk Melestarikan Budaya dan Kesenian

229

Ket : Pelatihan Nayaga Asli Karawang untuk Melestarikan Budaya dan Kesenian.

Karawang,suratberita.id – Sebagai melestarikan budaya dan kesenian, Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) Kabupaten Karawang menggelar pelatihan Nayaga Asli Karawang.

Pelatihan itu dilaksanakan selama dua hari Kamis – Jumat (23-24/9/2021) di Poponcol Kelurahan Karawang Kulon, Kabupaten Karawang dengan tema “Mari lestarikan budaya asli Indonesia untuk Indonesia tumbuh juara lahir dan bathin”

Ketua PPSI Karawang, H. Acep Jamhuri mengatakan, tujuan adaya pelatihan Nayaga agar pesilat PPSI ini bisa menggunakan alat kesenian. Sekarang yang bisa memainkan kendang dan trompet hanya beberapa saja. Itu pun usianya banyakan sudah sepuh.

“Oleh karenanya, melalui pelatihan ini manfaatkan untuk generasi muda belajar sampai bisa. Kemudian kembangkan ke anak didiknya,” katanya.

Tindak lanjut dari pelatihan Nayaga, Acep menyebutkan akan dijadikan tim Nayaga PPSI Karawang dari beberapa paguron. Bakan ia akan memberikan alat Nayaga untuk paguron yang aktif setelah pelatihan selesai dilaksanakan.

“Setelah pelatihan selesai, nanti kita beli alat untuk paguron agar lebih mahir lagi memainkan Nayaga. Kemudian ajarkan ke anak generasi muda di Karawang sebagai melestarikan budaya dan kesenian,” ujarnya dalam sambutan.(cim/siti.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here