DPC Repdem Karawang beserta suratberita.id Berhasil Pulangkan 2 Pekerja Migran Indonesia dan Bongkar Jaringan “Human Trafficing”.

1504

Ket : DPC Repdem Karawang beserta suratberita.id Berhasil Pulangkan 2 Pekerja Migran Indonesia dan Bongkar Jaringan “Human Trafficing”.

Karawang,suratberita.id – Bermula dari Laporan Pihak Keluarga Pekerja Migran Indonesia yang didampingi pihak Media suratberita.id meminta bantuan advokasi kepada Repdem Karawang serta memberikan keterangan bahwa Dua Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Karawang dan Subang :
1. Nama : Siti Mulyasari Bt Era Asmawa
Alamat : Kampung Sukasari Rt 002/001
Desa Neglasari Kecamatan Pagaden
Kabupaten Subang.
2. Nama : Umi
Alamat : Kampung Mekar Sari Rt 012/03
Desa Talagamulya Kecamatan Telagasari
Kabupaten Karawang.
Adalah Warga Negara Indonesia dimana keduanya diduga sebagai korban perdagangan orang. Keberadaan mereka sekarang tengah terlantar di negara Yordania.

Pada pengaduan yang didapatkan, mereka para pekerja tersebut tidak mengetahui akan dibawa kemana lagi, karena belum ada kejelasan penempatan kerja. Berdasarkan pengakuan dan laporan dari mereka, perusahaan yang memberangkatkan juga tidak jelas keberadaannya, setelah dilakukan pengecekan oleh pihak keluarga di Indonesia.

“Alhamdulillah Advokasi yang bermula dari Laporan keluarga PMI berkoordinasi dengan DPC Repdem Karawang ini membuahkan hasil yang seperti diharapkan, kami sangat senang mendengarnya dan berharap kedepannya tidak terjadi lagi kasus Human Trafficing seperti ini,” ungkap Halimi Pimred suratberita.id

Dalam kesempatan yang sama Pipik Taufik Ismail , S.Sos. Ketua DPC PDI Perjuangan Karawang saat dihubungi awak media suratberita.id melalui sambungan telepon mengucapkan, “Alhamdulillah saya apresiasi banget kepada sahabat-sahabat Repdem Karawang serta support dari DPN Repdem terhadap REPDEM Karawang. Saya selaku Ketua DPC PDI-P Karawang sangat mengapresiasi karena ini BUKTI KERJA NYATA kita dalam membantu masyarakat khususnya para tenaga kerja Indonesia/pekerja migran Indonesia -TKW- diluar negeri yang sedang bermasalah.

“Insya Allah ini sebuah BUKTI NYATA KITA terhadap masyarakat bahwa kita SIAP membantu kendala permasalahan Tenaga Kerja Indonesia/Pekerja Migran Indonesia yang ada diluar negeri. Saya Apresiasi banget ini adalah Bentuk Kerja nyata Kami PDI Perjuangan.” tambah Pipik.

Ketua Repdem Karawang Deden Sofian , SE. yang juga Sekretaris DPD Repdem Jawa Barat saat ditemui memberitahukan bahwa, “Advokasi DPC REPDEM Karawang kepada Pekerja Migran Indonesia yang terdampar di Amman, Yordania ini Alhamdulillah sukses dan membuahkan hasil” ungkapnya.

Dalam waktu yang sama pula Novi Nur Agustianti , M.Pd. pun menyatakan, “Alhamdulillah kerja keras serta kerja nyata juga kerjasama Repdem Karawang membuahkan hasil yang positif, terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah memberikan support dan arahannya, saya harap ke depan Repdem Karawang tetap solid dan terus semangat serta jaya selalu.” ucap Novi.

“Advokasi merupakan jalan keadilan dan kader harus cepat merespon kompleksitas problematik sosial”, tambah Novi.

Buddy Reymond selaku Wakil Ketua Repdem Karawang yang ikut serta mendampingi dan mengawal proses perjalanan advokasi dari awal sampai sukses sekarang mengatakan, ” Saya sangat senang dan bangga sekali kerja keras selama ini membuahkan hasil. Tak luput pula ucapkan Salut buat kedua PMI (Umi & Siti) atas keberanian, kerja keras serta kesabaran mereka bisa lolos dari human Trafficing ini. Dan saya ucapkan terimakasih pula buat Bang Jimmy Fajar – Jimbong yang selalu sabar memberikan bantuan dan arahannya, juga Kepala BP2MI Pak Benny Ramdani beserta jajarannya atas memberikan jalan kemudahannya serta KBRI Amman Jordania yang terus ikut membantu kami” ucap Buddy.

“Menurutnya informasi kedua pekerja migran yang dikirim secara ilegal tersebut akan tiba di Indonesia pada hari Jumat (24/9) Pukul 08.15 di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten” ucap Jimmy Fajar-Jimbong.

Lebih lanjut dikatakannya keberhasilan itu juga tak lepas dari koordinasi dengan BP2MI, Kemenlu dan Kedubes RI di Yordania. “Dan membuktikan kita terus melakukan advokasi kerakyatan di tengah fokus penataan organisasi,” tandasnya pula.

Terkait itu, ujarnya, menyambut kepulangan kedua Pekerja Migran Indonesia tersebut, DPN Repdem menugaskan Jimmy Fajar Jimbong, Adi Febrianto Sudrajat, Rusmarni Rusli, dimana nama Ketua Umum Repdem, melakukan kegiatan penjemputan, berkoordinasi dengan Kepala BP2MI, Kementerian Luar Negeri, Satgas Covid 19, DPC Repdem Karawang dan DPD Repdem Banten.

Mengutip kata-kata ketua umum Repdem Wanto Sugito beberapa waktu yang lalu mengatakan : “Jangan Lelah Advokasi Kasus Rakyat Marhaen.” Advokasi merupakan pondasi perjuangan dalam membela kaum marhaen. (Buddy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here