Minggon Kecamatan Lemahabang Digelar Patuhi Prokes Paska Vaksinasi

224

Ket : Minggon Kecamatan Lemahabang Digelar Patuhi Prokes Paska Vaksinasi.

Karawang,suratberita.id – Minggon digelar awal Ramadhan 1442.H dibelakang kantor Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang meskipun sedang melakukan ibadah puasa hari pertama kalinya bulan Ramadhan tahun sekarang ini, Selasa (13/4).

Agenda rapat sendiri membahas sekitar protokoler kesehatan (prokes) dan Vaksinasi yang sudah berjalan serta pentingnya meningkatkan kesadaran dalam menerapkan 5M terutama saat menjalankan ibadah di bulan puasa seperti taraweh dan lainnya serta menjelang idul Fitri tiba supaya tidak adanya muncul cluster baru Copid-19 dan Masyarakat bisa aman dan nyaman dalam menjalankan ibadah.

Pemerintah perlu terus mensosialisasikan penerapan 5 M terutama pemerintahan desa yang ada di kecamatan Lemahabang agar Masyarakat nya terhindar dari terpaparnya Copid-19, yang masih belum usai.

Apalagi saat musim lebaran nanti perlunya pengawasan dan pendataan bagi masyarakat yang keluar masuk wilayahnya, “guna mengantisipasi serta mencegah adanya cluster baru Copid-19 meskipun vaksinasi sudah berjalan” ucap Kapten Sya’in saat menghimbau aparat desa yang ikut hadir dalam rapat Minggon tersebut.

Vaksinasi sendiri baru berjalan pada pelayan Masyarakat atau pelayan publik saja, karena pelayan Masyarakat atau pelayan publik dianggap sebagai garda terdepan dalam menjalankan tugas penanganan Copid-19 dan selanjutnya vaksinasi dilakukan ke masyarakat lanjut usia (lansia) yang berumur di atas 60 tahun karena usia tersebut dianggap renta terhadap penyakit serta rawan terpapar Copid-19.

Setelah itu barulah warga Masyarakat semua yang berumur di atas 17 th supaya masyarakat memiliki daya tahan tubuh yang kuat serta tidak mudah terpapar Copid-19 ucap Plt camat Lemahabang H.Arta , SH saat di wawancarai awak media suratberita.id di kantornya

Lanjut H Arta, SH saat ditanya berapa banyak Lanjut usia (Lansia) di kecamatan Lemahabang kabupaten Karawang yang akan di vaksin, dirinya menjelaskan ada sekitar 3283 0rg lansia di wilayahnya yang sudah terdata untuk siap di vaksinasi.

Seperti yang sudah berjalan di 2 Desa yaitu Desa Lemahabang yang pertama melaksanakan vaksinasi untuk lansia dari jumlah lansia 440 orang dan sudah tervaksin sebanyak 116 org serta Desa Kedawung Senin kemarin melakukan vaksinasi dari jumlah lansia, “sebanyak 369 org dan tervaksin sebanyak 90 orang dan dilanjutkan insyaallah untuk Desa Karangtanjung antara esok hari yaitu Rabu” jelasnya.

Sementara saat di singgung bulan puasa atau ramadhan boleh di vaksin H. Arta, SH menjelaskan Vaksinasi aman di lakukan meskipun di bulan puasa bagi yang menjalankan puasa.

Karena vaksinasi di bulan puasa aman dilakukan dan tidak membatalkan puasa, “karena sudah ada Fatwa nya diperbolehkan oleh Majlis Ulama Indonesia (MUI)” tandasnya.

Adapun minggon digelar awal Ramadhan 1442.H dibelakang kantor Kecamatan Lemahabang tersebut dihadiri Plt Camat, Kapolsek, Danramil, Plt Puskesmas dan kepala desa se-kecamatan Lemahabang. (Myor/uyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here