SURVEY HARGA DI PASAR JOHAR

240

Ket : SURVEY HARGA DI PASAR JOHAR.

Karawang,suratberita.id – Harga di pasar johar saat ini belum mengalami kenaikan yang signifikan.

Cabai saat ini telah mengalami kenaikan harga. Kenaikan ini hanya sebesar 10 ribu. Harga yang naik diakibatkan dari permintaan dari masyarakat yang cukup tinggi. Awalnya harga cabai sebesar 40 ribu saat ini harga di angka 50 hingga 60 ribu. “Harga cabe baik keriting, rawit ataupun merah naik sekitar 10 ribuan,” ujar Ahmad Suroto, kepala dinas perdagangan pada Senin (12/4).

Bukan hanya cabai yang mengalami kenaikan. Daging pun telah mengalami kenaikan harga. Daging naik karena harga sapi dan kerbau yang masih hidup pun telah naik. Hal ini berbanding terbalik dengan persediaan barang. Daging kerbau saat ini sebesar 90 hingga 100 ribu.

Dilihat dari neraca yang dimiliki oleh Dinas Pertanian, persediaan pangan masih aman. Bahkan mengalami surplus. Perhitungan neraca telah dilakukan sejak awal tahun 2021. Kenaikan harga tersebut bersifat tentatif.

Terdapat hambatan yang dirasakan oleh pedagang. Hambatan tersebut yakni lambatnya pendistribusian barang dagangan. Menurut kepala dinas pangan, kenaikan harga terjadi saat tiga fase. Fase pertama yakni tiga hari menjelang bulan puasa. Fase kedua pada lima hari sebelum idul fitri. Fase ketiga terjadi pada setelah idul fitri. “Biasanya ada tiga fase kenaikan harga,” pungkas Kadarisman, kepala Dinas Pangan. (suci)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here