Novi Nur Agustianti, M.Pd. Melakukan Kunjungan UMKM Serta Road Show

552

Ket : Novi Nur Agustianti, M.Pd. Melakukan Kunjungan UMKM Serta Road Show.

Karawang,suratberita.id – Novi Nur Agustianti, M.Pd. Sekretaris DPC Repdem Karawang melakukan kunjungan ke beberapa sentra Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta Road show Konsolidasi Pembentukan PAC REPDEM di 30 kecamatan se-Kabupaten Karawang.

Hari ini agenda kunjungan Konsolidasi di Kecamatan Tirta Mulya dan Kecamatan Jatisari , dan hari ini pula mengunjungi para pelaku usaha home industries Pembuatan kue jajanan pasar seperti Bibika, kue lapis, wingka, bolu pisang dll. di jalan Cilamaya Desa Jati Baru Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang. Selasa (03/03).

Novi Nur Agustianti langsung meninjau dan berbincang dengan para pelaku usaha diantaranya Teh Haji Enun, Pemilik Home Industries Neng Fani Putri Kue mengenai kendala apa aja yang dihadapi baik dari segi pemasaran, permodalan, SDM maupun alat produksi di masa pandemi saat ini.

Novi menilai, banyak potensi UMKM di Jatisari yang harus dibantu dan dikembangkan, terlebih masa pandemi covid-19, sektor UMKM sangat berpotensi menumbuh kembangkan perekonomian kabupaten Karawang.

Dari segi kualitas, sebagian besar produk UMKM di kecamatan Jatisari sudah sangat baik,namun demikian, masih ada beberapa produk yang packagingnya belum tertata rapih dan secara manual. Ujarnya.

Saya kedepan ingin dari segi packaging ini betul-betul bisa bersaing dengan makanan olahan lainnya, kalau dari segi rasa saya kira sudah sangat enak, ujarnya pula.

Berkaitan dengan pemasaran, di era pandemi saat ini kalau sekedar mengandalkan pemasaran penjualan door to door atau dilingkungan sekitar khususnya Kabupaten Karawang akan sangat sulit Untuk itu, salah satu cara terbaik untuk dilakukan adalah memanfaatkan media online serta perluasan pemasaran untuk wilayah keluar Karawang seperti Indramayu, Purwakarta dan Bekasi dsb.

“Di era digital ini untuk pemasaran akan kita bantu, karena kalau hanya mengandalkan dari warung ke warung, dari rumah ke rumah, dari pasar ke pasar itu sangat sulit di era pandemi ini, dan omzet pun menurun. Hal yang paling memungkinkan itu lewat online,” tuturnya.

Dalam Agenda Konsolidasi PAC REPDEM hari itu pula Novi mengatakan, “Kedepannya diharapkan Repdem karawang bisa bekerjasama dengan pelaku-pelaku bisnis UMKM di Karawang yang bertujuan selain bisa meningkatkan penjualan serta pemasaran yang lebih luas lagi bagi pelaku bisnis UMKM serta bisa memberikan pelatihan dan Keterampilan Kewirausahaan bagi seluruh anggota REPDEM Karawang demi kemajuan dan kesejahteraan anggota khususnya dan masyarakat Karawang pada umumnya.

Dengan adanya dukungan DPC Repdem Karawang melalui kunjungannya kesetiap kecamatan, diharapkan pembentukan PAC di 30 Kecamatan Bisa terealisasi dan terakomodir dengan lancar.

Hal ini dapat menjadi daya ungkit dalam meningkatkan dan mengembangkan Kaderisasi Repdem Karawang juga pelaku UMKM demi Kesejahteraan masyarakat Karawang umumnya serta khususnya bagi Anggota Repdem kedepannya.

“Harus segera ditindaklanjuti dan direalisasikan jangan sampai kunjungan saya ini hanya sebatas ceremonial saja. Ketika saya datang lagi kesini kedepan harus ada peningkatan yang signifikan, dan bisa bersinergi bersama REPDEM Karawang di 30 PAC di Karawang,” pungkasnya. (*/Buddy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here