Yanka Amelia Juara Puisi Nasional

315

Ket:Yanka Amelia Juara Puisi Tingkat Nasional.

Karawang,suratberita.id – Yanka Amelia berhasil menggondol Juara 2 Di Tingkat Nasional lomba Baca Puisi Di Kegiatan Hybrit Albin Cub Tanggal 22- 24 – Januari 2021.’ Yanka Amelia’ anak pasangan dari Sri Amin Winarni dan Aif Saripudin siswi SMPI  Al Azhar 2 Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta, dan kini membawa harum kembali bagi Sekolahnya dan tempat kelahiranya.

Seperti di ungkapkan Yanka Amelia, puisi yang dibawakanya berjudul, Membaca Tanda Tanda, karya Taufik Ismail, tema puisi tentang Alam, “puisinya ditentukan oleh pihak panitia para peserta, hanya boleh memilih salah satu dari beberapa puisi yang di lombakan,” ungkap Yanka Amelia pada media ini, Kamis (18/2).

Selain itu, ia juga awalnya juara 1 lomba baca puisi tingkat SMP pada kegiatan ajang lomba Alsen Spirit 22 Tgl.23 Januari- 13 Februari 2021, memang kalau di ajang Alsen Spirit 22  lomba baca puisi berjudul ‘Rakyat’ karya Hartoyo Andangjaya, “tema puisinya tentang kehidupan masyarakat yang mengangkat keanekaragaman kegiatan di masyarakat.” terangnya.

Lebih jauh Yanka Menceritakan pengalamanya selama perjuanganya dalam kontes lomba Baca Puisi di tingkat nasional, “sebelumnya, ketika saya di kabari oleh guru Bahasa Indonesia ‘bu Ela, bahwa saya menjadi salah satu perwakilan dari sekolah saya untuk ikut lomba baca puisi tingakat Nasional, perasaan saya campur aduk” ujarnya.

Menurutnya, walaupun  pernah juara 1 lomba baca puisi di Sekolah, tapi berfikir ini tingkat Nasiaonal, pastinya akan ada ratusan peserta yang ikut,”ada rasa takut,gugup,bingung,ragu ragu , dan berpikir apakah saya mampu untuk melakukannya,” terangnya.

Tapi, lanjut Yanka, karna terus mendapat dukungan dari bapak ibu guru di sekolah, keluarga dan teman teman akhirnya mencoba memberanikan diri untuk ikut dan karena masih di masa pandemi Covid-19 jadi lombanya di lakukan via virtual, “saya ingat sekali guru pembimbing saya bu Ela bilang, kalau kita mengikuti lomba apapun itu jangan berharap untuk menang,tampilkan saja yang terbaik nanti hasilnya kita serahkan kepada Allah.” terang Yanka.

Menurut Yanka, selalu terngiang saran dari seorang Tantenya, dengan panggilan Mamah, saranya menguatkan hatinya untuk tanpil prima di kontes tersebut, “tante ku, adiknya Bunda  bilang, menang dan kalah itu biasa dalam suatu lomba, kalau dapat juara itu adalah bonus dari usaha dan kerja keras kita, jadi kalau kita sudah berani tampilpun itu sudah merupakan suatu yang sangat  luar biasa” ungkapnya.

Dan beliau menyarankan jangan pernah takut untuk mencoba, “itulah menjadi kekuatan saya untuk berani dan menampilkan yang terbaik, dan Alhamdullilah berkat do’a dan dukungan semua pihak akhirnya saya berhasil memenangkan jaura lomba baca puisi” tandasnya.

Sementara Sri Amin Winarni, selaku Ibunda dari Yanka Amelia, terus mengapresiasi kemandirian dan keinginan yang kuat dari anaknya untuk terus berprestasi membawa nama baik sekolah dan daerah kelahirannya, “ya memang, karnanya hal ini bisa merupakan jalan lebar dan modal yang sangat bermanfaat buat Yanka kelak untuk melanjutkan ke perguruan tinggi Negri melalui jalur prestasi,” ungkapnya.

Sebagai orang tua, lanjut Sri, dirinya akan selalu berdoa dan terus berharap agar ‘Yanka, bisa terus berprestasi dan mengasah bakat di bidang yang di minatinya dengan terus menggali dan mengasah potensi yang di milikinya, “selain berprestasi di bidang nonakademik ternyata Yanka juga berprestasi di bidang akademik. Ia selalu menjadi juara kelas dan menjadi murid teladan di kelas VII dan kelas IX semester 1 dan pastinya masih banyak lagi prestasi yang di raihnya,” tutur Sri.

Dikatakanya, Yanka, Punya cita cita ingin menjadi Dokter agar bisa meneruskan biar bisa meneruskan pekerjaan luhur Ibunda tercitanya di bidang kesehatan yang saat ini masih bekerja sdh 13 thn di  puskesmas Rengasdengklok sebagai tenaga perawat honorer.(uhe/hal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here