Info : Kejadian Bencana Alam Tanah Longsor Wisata Curug Cigentis

524

Info : Kejadian Bencana Alam Tanah Longsor Wisata Curug Cigentis.

Karawang,suratberita.id – Telah terjadi Bencana alam tanah longsor di wisata Curug Cigentis RPH Cigunungsari BKPH Pangkalan, KPH Purwakarta, masuk dalam wilayah administratif pemerintahan Dusun/Kampung sirnaruju, Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang, pada hari ini senin tanggal 15 Februari tahun 2021, kejadian pukul 16.30.

Sumber kejadian /penyebab tanah lonsor : kejadian alam cuaca turun hujan sejak pukul 14.00, sehingga pada lokasi bekas longsor tanggal 9 Februari 2021 terjadi longsor kembali. Pada saat kejadian, tidak ada kegiatan masyarakat maupun pengunjung, karena lokasi wisata sudah ditutup.

Luas tanah longsor = -+ 250 m²
panjang 15m dan lebar -+ 10 m
Taksiran Kerugian akibat tanah longsor: belum terhitung
Korban jiwa: nihil
Kondisi lokasi:
a. Material longsor menutupi jalur jalan sepanjang 20 meter
b. Material pohon menutupi jalur jalan dan menghalangi ke jembatan perlintasan menuju curug cigentis.

Penanganan tanah longsor
a. Saat ini belum dilakukan penanganan secara langsung terhadap material longsor, karena kondisi medan yang belum memungkinkan.
b.Selanjutnya dikerahkan petugas jaga dari perhutani 1 orang dan mitra 5 orang di gerbang tiket WW Curug cigentis, untuk menghalau warga yang ingin masuk ke kawasan
c. Menutup lokasi wisata curug cigentis, sampai dengan waktu yang belum ditentukan.

Di lokasi lain, masih Kp. Sirnaruju terjadi juga longsor yg menutupi jalan ke akses menuju Cigolosor setinggi _/+ 3, tidak ada korban jiwa, jauh dari pemukiman warga. demikian laporan kejadian bencana alam tanah longsor untuk maklum, Camat Tegalwaru. (bud/yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here