Jelang Nataru Subang Gelar Apel Oprasi Lilin Lodaya 2020

239

Keterangan gambar : Jelang Nataru Subang Gelar Apel Oprasi Lilin Lodaya 2020.

Subang,suratberita,id – Dalam rangka pengamanan Natal tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru), Polres Subang gelar persiapan operasi Lilin Lodaya, bertempat di halaman Mapolres Subang, Senin pagi (21/12).

Dalam apel gelar pasukan tersebut, hadir pula Pimpinan Apel, Kapolres Subang, AKBP Aries Kurniawan Widiyanto, SH dan dihadiri pula Wakil Bupati Subang; Agus Masykur Rosadi, Dandim 0605/Subang; Letkol (Arh) Edi Maryono, para Pejabat Utama (PJU) Polres Subang, Kapolsek se-Kabupaten Subang, Dansubdenpom, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Subang, Personil Gabungan TNI/Polri, Satpol PP, Dishub, Damkar, dan Muspida Kab. Subang.

Kapolri Jendral Pol. Drs. Idham Azis dalam sambutan yang dibacakan oleh Kapolres Subang, menyampaikan bahwa Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020 ini diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan.

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi “Lilin 2020” dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya.

“Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2020 selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021. Dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional,” tutur Kapolres Subang dalam sambutannya.

Masih lanjut, operasi Lilin ini digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.

“Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, terlebih di masa pandemi covid-19 saat ini, ” tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Subang melalui Kabag. Ops AKP Rislam Harfian, SH., S.I.K ., menyampaikan bahwa dengan digelarnya operasi terpusat dengan sandi Operasi Lilin Lodaya 2020. Hal ini dilakukan selama 15 hari ke depan dengan tujuan terjaminnya keamanan masyarakat Subang yang merayakan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 masih dalam situasi dan kondisi pandemi covid-19.

Untuk pelibatan personil dalam Operasi Lilin Lodaya di Polres Subang ini, seluruh personil Polri baik di tingkat Polres dan Polsek untuk pengamanan tempat ibadah, yakni Gereja atau rumah ibadah yang menyelenggarakan kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru, serta menyiapkan 9 Pos Pengamanan (Pos Pam) Nataru 2020/2021 di pusat keramaian, 2 Pos Pelayanan (Pos Yan) di 2 Rest Area Tol Cipali, dan Pos Gatur di semua Polsek se Kab. Subang, total 1200 Personel yang diturunkan.

“Operasi Lilin Lodaya 2020 ini melibatkan seluruh personil untuk pengamanan tempat ibadah. Serta menyiapkan 9 Pos Pam, 2 Pos Yan, dan Pos Gatur Nataru 2020/2021 di setiap Polsek,” jelasnya.

Kapolres juga berharap, dengan adanya Operasi Lilin Lodaya 2020/2021 nanti terlebih dalam situasi pandemi covid-19. Menghimbau kepada masyarakat tetap mematuhi protokol pencegahan covid-19 saat merayakan, baik menggunakan masker, menjaga jarak hingga mencuci tangan dengan air mengalir. (tato/tdi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here