SDN Ciptamargi III Dapat Bantuan Swakelola Ditengarai Diborongkan Oknum Kepsek

570

Karawang,suratberita.id – SD Negeri Ciptamargi lll Desa Ciptamargi Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang mendapat bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) TA 2020, semestinya Swakelola didugakuat diborongkan oleh oknum Kepala Sekolah (Kepsek) bersangkutan.

Pembangunan rehab gedung kelas di SDN Ciptamargi III, bantuan DAK Tahun 2020 dengan jumlah anggaran Rp. 212.688.000, itu disoal oleh komite dan para guru, diduga akibat tidak dilibatkan serta sulitnya berkomonikasi dengan kepsek tersebut, “kami juga menduga bahwa anggaran yang semestinya swakelola itu, dikelola dan dikerjakan sendiri oleh Kepala Sekolah melalui jasa pemborong” ungkap komite dan para guru SDN Ciptamargi Ill, (10/11).

bantuan dikerjakan secara swakelola semestinya harus dibentuk dan dibuat team panitia pembangunan sekolah terlebih dahulu, sesuai juklak dan juknisnya, “akan tetapi pembangunan rehab gedung kelas di SDN ciptamargi III ini, kami komite dan guru tidak dilibatkan, malahan diborongkan” ucapnya kesal.

Komite maupun guru tidak pernah dilibatkan dalam pelaksanaan pembangunan rehab gedung kelas, komunikasi dengan kepala sekolah selaku penanggung jawab, hanya sesekali saja pada waktu penandatangan proposal dan pada waktu berita acara pembongkaran.

Setelah itu sudah tidak ada lagi komunikasi, sampai sekarang sudah turun anggaran terman kedua, “anehnya kami tidak menandatangani pencairan termin kedua itu, tapi kenapa kok bisa dicaerkan” ucap H. Sulaeman ketua Komite SDN Citamargi lll, (10/11)

Menurutnya, tidak diketahui dibuatkan tim pelaksana pembangunannya atau tidak, “kami tidak tau, semua kepala sekolah yang mengerjakan dengan pemborong” jelasnya.

Dari mulai matrial sampai yang kerjanya pun diborongkan, komite dan guru tidak tau apa-apa, “kami komite dan guru bilang ini mah gak bakalan benar, dulu mah dapat perpustakaan waktu kepala sekolah yang dulu mah benar, guru maupun komite dilibatkan dan hasil nya pun maksimal” terang Sulaeman.

“hasil pembongkaran rehab aset gedung sekolah pun kami tidak mengetahui, di jual kemana dan uang nya di alihkan kemana” Imbuhnya.

Ditempat terpisah, menjawab pertanyaan wartawan, membenarkan bahwa dirinya yang mengerjakan dari awal pembangunan tersebut, “ saya yang mengerjakan kusen almunium serta yang kerja dari awal pembangunan rehab itu, semua pekerja saya” ucap AJ dimungkinkan selaku pemborong Rehab SDN Ciptamargi lll dikediamannya.

Adapun saat dipertanyakan terkait buku rekening apakah benar dipegang olehnya, “tanya kan saja sama kepala sekolah” cetusnya.

Sampai berita ini diterbitkan, upaya media ini belum berhasil untuk memberikan hak jawab kepada kepala sekolah bersakutan. (Jun/penk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here